KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta karunia-Nya kepada saya.
Sehingga saya dapat menyelesaikan
proposal usaha ini yang dengan tepat pada waktunya. Yang dimana proposal usaha
ini bernama “Gisel Distro”
Proposal ini berisikan tentang bagaimana cara kita untuk
membuka suatu bidang usaha. Yang dimana semua tentang cara – cara untuk
menentukan lokasi sampai dari modal usaha akan di bahas secara detail.
Diharapkan
proposal ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara untuk
membuka suatu usaha. Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Akhir
kata, saya sampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal
sampai akhir. Semoga Tuhan senantiasa
melindungi kita semua dari segala usaha kita. Amin.
Sleman, Februari 2012
Herry Anugrah Arapenta Ginting
Bab I : Pendahuluan
a. Riwayat usaha (Latar belakang)
Sebelum kita memulai usaha yang lagi gila-gilanya di
berbagai kota ini setidaknya kita mengetahui latar belakang berkembanganya
distro di indonesia dan mengetahui unsur-unsur apa sajakah yang di perlukan
dalam membangun usaha ini. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa keunggulan
desain dan kualitas produk merupakan unsur utama yang sangat menentukan daya
saing suatu produk manufaktur di era perdagangan global dewasa ini. Tanpa
dikuasainya kedua unsur itu, maka dapat dipastikan suatu produk manufaktur akan
sulit bersaing di pasar, baik di pasar domestik, maupun di pasar internasional.
Bahkan, sangat mungkin terjadi produk tersebut akan benar-benar tersingkir dari
arena persaingan pasar.
Keunggulan
kreatifitas dan inovasi di bidang disain dan kualitas produk sangat
dimungkinkan karena kebanyakan para pengusaha muda itu umumnya memiliki latar
belakang pendidikan di bidang seni dan desain. Beberapa diantara mereka adalah
sarjana seni dan desain jebolan dari perguruan tinggi terkemuka di kota
Jogjakarta, tetapi tidah mustahil juga mereka yang memiliki usaha ini tidak
dari sarjana-sarjana yang disebutkan di atas tadi. Mereka memfokuskan diri dan
menekuni industri distro untuk aneka produk pakaian yang terkait dengan gaya
hidup anak muda dan remaja mulai dari pakaian jadi, baju kaos, jaket dan celana
dan pernak-perniknya pin, gantungan kunci, topi, sepatu, tas, dompet dan ikat
pinggang.
Namun
justru dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi desain produk itulah,
kalangan pebisnis distro dapat meraih nilai tambah yang cukup tinggi dengan
memperoleh harga di atas harga jual rata-rata produk sejenis yang dipasarkan di
departmen store atau outlet pakaian lainnya. Namun konsumen sendiri merasa puas
dengan produk distro karena memiliki desain dan merek yang eksklusif. Bahkan
dengan keeksklusifannya itu, desain desain pakaian yang dihasilkan distro
sedikit banyak kini sudah menjadi trend setter dalam dunia fashion di tanah
air.
b. Visi dan Misi
Usaha
Ø Visi
1. Menjadikan
perusahan kaos distro terbaik yang senatiasa mampu bersaing dan tumbuh
berkembang dengan sehat.
2. Sebagai jasa
media promosi yang handal di berbagai sarana media di sklala internasional.
Ø Misi
1. Menghasilkan laba yang pantas yang untuk
mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan deviden yang memuaskan bagi
para pelanggan.
2. Memproduksi
berbagai jenis kaos yang terkait dengan kebutuhan masyarakat dengan mutu
terbaik , harga dan pasokan yang berdaya saing tinggi mmelalui pengolahan yang
profesional demi kepuasan pelanggan.
3. Memberi
penghargaan kepada teman melalui kesejahteraan yang memadai, penyediaan
lingkungan kerja yang aman,memberi kesempatan untuk pengembangan karier serta
melakukan.
4. Menjalin
kemitran kerja sama dengan pemasokdan penyalur yang saling menguntungkan.
5. Memberikan perhatian yang tulus kepada
masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan dukungan pembinaan sosial.
c. Tujuan usaha
usaha
distro ini di buat terkhusus bagi anak muda. Yang dimana style anak muda
sekarang semakin berkembang. Mengikuti perkembangan tersebut timbul sebuah ide
gagasan untuk membuat sebuah usaha distro. Yang dimana menyediakan kebutuhan
gaya anak muda zaman sekarang. Dengan design yang kagi trend di kalangan anak
muda sekarang.
Disini juga
kami ingin memberikan fasilitas seperti produk import, dari berbagai jenis merk
yang terkenal dengan harga yang sepadan dengan kualitas produk yang kami
sediakan. Kami juga ingin memberikan suatu insfirasi dari design yang kami buat
sendiri. Memberikan kualitas produk yang bagus adalah salah satu tujuan dari
distro saya ini.
d. Jenis produk
jenis
produk yang ingin saya buat adalah yang sesuai dengan trend anak muda sekarang.
Yang terkhusus bagi para mahasiswa. Kami ingin memberikan jenis produk mulai
dari pakaian jadi, baju kaos, jaket dan celana dan pernak-perniknya pin,
gantungan kunci, topi, sepatu, tas, dompet dan ikat pinggang. Kami berusaha
keras untuk memberikan produk yang beda dengan produk di pasaran murah. Produk
distro ini akan memberikan kualitas dan design yang beda dengan produk yang ada
di pasaran murah. Sehingga para pembeli akan merasa puas dengan apa yang telah
di belinya
Bab II : Aspek pemasaran
a. Lingkungan usaha
Sengaja saya memilih lingkungan
usaha yang ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang sangat memadai.
Dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkin kan untuk
bersaing secara sehat. Lingkungan yang dekat dengan para mahasiswa seperti
universitas, tujuan tempat wisata.
Lingkungan yang bersih dan bebas
dengan preman – preman akan lebih memudahkan kita di dalam menjalan kan usaha
distro ini. Sehingga kita juga dapat berbaur dengan lingkungan sekitar.
Menjalin hubungan bisnis yang sehat. Ini akan menimbulakan dampak yang sangat
positif demi perkembangan usaha kedepan nya.
b. Kondisi pasar
kondisi pasar yang stabil dengan
keramaian. Sehingga tidak ada yang nama nya hari libur sepi pengunjung. Misal
nya di perkotaan, sehingga masyarakat akan senantiasa banyak yang akan datang.
Peluang kesuksesan pun akan semakin
jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu ramai baik dari lingkungan setempat
maupun dari luar kota.
Tingkat keamanan usaha kita pun
terjamin dengan ada nya lingkungan yang baik. Dekat dengan kantor polisi,
sehingga para preman maupun orang-orang yang ingin merusak tempat usaha kita
akan lebih aman dibandingkan dengan kondisi pasar yang sangat jauh dari kantor
polisi.
c. Rencana pemasaran
Rencana pemasaran usaha distro ini
melalui berbagai cara yang diantara nya :
· Dekat dengan target market.
Target utama pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga
dengan mudah kita mempromosikan produk yang kita miliki.
· Mudah di akses
Tempat yang mudah
di akses oleh masyarakat akan membuka usaha kita lebih maju. Sehingga
memudahkan pelanggan untuk mengunjungi toko distro kita.
· Melalui internet
Internet adalah
salah satu tempat kita untuk memasaran produk kita. Sehingga para pelanggan
bisa melihat produk baru yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website
yang kita punya, atau pun situs jejaring sosial.
· Browsur iklan
Salah satu tempat
yang paling cocok untuk mempromosikan produk yang kita punya. Baik melalui
iklan koran. Ataupun dengan iklan di majalah remaja. Itu sangat bagus untuk
promosi produk yang kita miliki. Ada juga melalui even-even di sekolahan atau
pun di kampus.
Bab
III : Aspek produksi
a. Lokasi usaha
Dalam mendirikan distro kita harus
mencari tempat yang strategis, karena pada umum nya sebagian konsumennya anak
muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak
muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik
perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro
tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk
mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk
memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu
mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro
merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu
kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
Lokasi yang sedang saya incar di
tempat perkota’an. Terkhusus di daerah yang ramai penduduk. Tempat yang
strategis dekat dengan universitas terkenal. Sehingga akan lebih mudah bagi
pelanggan untuk mengunjungi toko distro kita. Dekat dengan tempat wisata
terkenal. Sehingga para turis asing maupun lokal dapat singgah untuk melihat
produk-produk baru yang kita miliki. Lokasi ini lah yang dapat membuka jalan
kesuksesan dalam menjalakan usaha yang sedang kita tekuni.
b.
Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
·
Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
·
Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan
kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs
jejaring sosial maupun forum.
• Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang
uptodate di distro
c. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
d. Produk yang
dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan
fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari,
belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat,
khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas
produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o Hasil sablon sangat
rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai
macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk
yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas produk terjamin
o sesuai dengan selera masyarakat
e. Biaya proses produksi per tahun terdiri dari :
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal
& Desain Interior
|
Rp.
20.000.000,-
|
|
Kulakan baju
grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp.
5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan
tahun pertama
|
Rp.
60.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal
Produksi
|
Rp. 685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik
Rp. 12.000.000,-
· Asuransi
Rp. 11.000.000,-
· Transportasi
Rp. 6.500.000,-
· Administrasi
Rp. 4.500.000,-
· Pajak
Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 +
2)
Jumlah modal produksi
Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp.
42.750.000,-
+
Total
Rp.
667.250.000
f. Tenaga kerja
tenaga
kerja yang kita gunakan dalam distro ini adalah sebagian besar wanita. Di dalam
memilih karyawan juga kita menentukan kriteria yang pas untuk tempat distro
kita. Karena postur tubuh yang ideal akan lebih menarik pelanggan untuk
mengunjungi toko kita
Bab IV : Aspek keuangan
a.
Perencanaan Laba
Rugi
·
Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
·
Biaya variable/
produksi
|
||
Kulakan baju grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
·
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
·
Pendapatan
|
||
Penjualan aneka pakaian dan fashion
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
b.
Biaya investasi
untuk
modal investasi yang akan kami cari melalui orang yang dekat dengan kami. Misal
nya investasi modal dari keluarga. Supaya untuk proses kedepan nya akan lebih
mudah dan menjamin keamanan dalam usaha ini.
c.
Harga produk
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan
dengan kantong dari konsumennya. Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di
jual di distro harganya agak mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat
para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka
gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal
tesebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat
sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli
barang-barang yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi pemilik
distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga
yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.
d.
Model dan design produk
Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka
selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Dan model pakaian yang dijual di
distro biasanya mengkuti perkembangan tren masa kini. Seperti model gambar pada
baju misalnya, biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistik
yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh lain baju-baju pada
distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. Dengan menyediakan
seperti contoh-contoh di atas tentu para konsumen akan puas dengan
barang-barang yang ada di distro anda.
Bab V : Penutup
a.
kesimpulan
proposal usaha ini sangat berguna bagi para pembaca. Semua
data yang kita butuh kan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha distro telah
tercantum di dalam buku proposal saya ini. Semoga apa yang telah saya tulis dan
rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.
b.
Penutup
Demikian
proposal usaha ini saya buat, dengan harapan dapat melaksanakan semua
rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon maaf bila ada
kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan
kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih
Thanks bro infoya, baca juga Contoh proposal dan Contoh proposal usaha
BalasHapussyukron
BalasHapus